Rss
TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG, JANGAN LUPA KESINI LAGI WWW.AHMAD-SAHID.BLOGSPOT.COM BLOG RESMIAHMAD SAHID, Temukan Info info menarik di blog ini ya

25 Desember 2009

php 1

Belajar php yuk...
mulai belajar bahasa pemrograman php dari sekarang agar gak ketinggalan sama dunia
meskipun artikel ini juga ada yang sedikit di copas heheh
minta izin copas ya pak...
Pada awal PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf, PHP hanya mendukung konsep pemrograman prosedural. Hingga PHP versi 4 pun masih berkonsep prosedural. Akhirnya diciptakanlah PHP versi 5 yang telah mendukung konsep orientasi objek (OOP).
Lantas apa kelebihan konsep orientasi objek dibandingkan prosedural ? Banyak sekali keuntungannya. Smile Konsep orientasi objek mendukung pewarisan,selain itu konsep OOP berkemampuan untuk menggunakan nama variabel yang sama secara berulang-ulang. Itu sebabnya konsep OOP sangat bagus digunakan untuk proyek pembangunan web yang besar.

Baiklah saya akan memperlihatkan contoh sederhana OOP pada PHP.

class cetak {
function hallo () {
print "Hallo.. !!!";
}
}
$cetak = new cetak();
$cetak->hallo ();
?>

Hasilnya : Hallo.. !!!

Berbeda dengan konsep prosedural, pada awal pembuatan program memang akan terasa sulit. Tetapi bila anda membangun proyek yang besar, sebaiknya menggunakan konsep OOP karena jika listing program yang anda tuliskan sudah banyak, anda akan kebingungan dengan penamaan variabel.Dalam lingkungan PHP, kalangan orientasi objek lebih cenderung membuat modul PEAR dan memiliki kontribusi besar terhadap kemudahan pengelolaan kode program.

Yah, ketemu lagi dengan saya.. Smile kalau dulu saya telah membahas tentang class, maka kali ini saya akan membahas tentang pewarisan. Pewarisan atau dalam OOP biasa disebut dengan Inheritance berfungsi untuk menggunakan kembali method dari suatu kelas yang sebelumnya telah dibuat. Contohnya begini, pada class A, anda

gunakan method hallo. Lalu pada class B, bila anda ingin memanggil method hallo tersebut, anda cukup memanggilnya dari class A, tanpa harus membuat ulang kembali method hallo tersebut. Pada OOP, Inheritance ada 2 jenis. Yakni Single inheritance dan multiple Inheritance.

Maksud dari single inheritance adalah class anak mendapat turunan langsung dari class induknya. Sedangkan multiple inheritance, class anak mendapat turunan dari class ibu dan ayahnya. hehe...Smile (bingung gimana bahasanya....pokoknya lebih dari satu class deh..).

Contoh pewarisan dalam PHP:

class induk {
var $induk = "induk";
function induk () { // ini merupakan konstruktor
$this->induk;
}
}
class anak extends induk{
function anak () {
print $this->induk;
}
}
$anak = new anak ();
?>

Hasilnya : induk.

Penjelasan :
Pada class induk, divariabelkan kata "induk". Lalu kata induk tersebut diwariskan pada class anak. Sehingga pada saat kita mencetak class anak, dapat dipanggil variabel induk tadi dari class induk.Sekian dulu penjelasan dari Sahid
Kalau pada artikel sebelumnya saya telah membahas class dan pewarisan (Inheritance), maka pada artikel yang ketiga ini saya akan membahas tentang Overriding. Apa itu Overriding? Terkadang dalam membuat program, kita bingung memberikan nama variabel.Pada pemrograman prosedural, kita tidak dapat menggunakan variabel yang sama berulang-ulang. Tetapi pada Konsep OOP, kita dapat menggunakan variabel yang sama secara berulang-ulang tetapi operasi yang dilakukan oleh metode tersebut berbeda. Inilah yang dinamakan Overriding.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh sederhana dari konsep overriding di bawah ini :

class induk {
var $kata = "Cetak induk";
function kata () {
print $this->kata;
}
}
class anak extends induk {
var $kata = "Cetak Anak";
function kata () {
print $this->kata;
}
}
$cetak = new anak ();
$cetak->kata();
?>

Hasilnya : cetak anak.

Mengapa yang tertampil di layar adalah kata "cetak anak" padahal seharusnya pewarisan kelas induk mengharuskan "cetak induk" ? Karena pada class anak terjadi overriding pada method kata. Sehingga pada saat dijalankan, yang tertampil di layar bukanlah cetak induk tetapi cetak anak..Yup...Sekian dulu penjelasan dari syahied.Semoga teman-teman sekalian dapat paham dan mengerti

0 komentar: